in

Salah Jurusan Kuliah ? Lakukan Hal Berikut

” Aduh Kuliah kok gak seperti yang ditayangin di televisi sih? ”
” Mata Kuliah yang ku Ambil ini bener gak sih ? Kok susah ya ”
Pernah punya prasangka seperti itu? atau Kamu salah satu orang yang merasa gak cocok dengan Jurusan yang kamu hadapi?
Yah mungkin saja benar , karena sebagian orang pernah berpikiran seperti itu.

Tujuan utama dari Kuliah tentunya adalah mendapat Gelar Sarjana agar bisa lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Namun apa jadinya kalau kita mendapatkan pekerjaan yang bertolakbelakang dengan ilmu yang didapatkan saat kuliah? Pasti merasa sangat kecewa dong, merasa ilmu yang digali saat kuliah jadi gak bermanfaat, kan sedih.
Pasti gak mau kan Hal ini terjadi sama diri kita Sendiri.
Nah, kali ini LPM Lentera Akan membagikan Tips tetap bertahan meski merasa salah jurusan.

1. Tetap Bersyukur, karena masih bisa Kuliah.
Masih banyak lho orang diluar sana yang tidak seberuntung kamu. Salah jurusan bukan hal yang buruk, Ambil sisi positifnya dari jurusan yang telah kamu pilih. Inget nih Tuhan memberikan cobaan sesuai kapasitas kita. So keep spirit ya.

2. Perbanyak membaca tentang Biografi.
Masa depanmu masih cerah kok, ada banyak contoh orang sukses yang
“salah jurusan ”
seperti Raditya Dika berasal dari jurusan Hukum namun dia menjadi stand up comedian, penulis buku, membuat film,
Serta Chairil Tanjung dari jurusan Teknik Sipil, karena ketertarikannya dibidang bisnis kini ia menjadi pemilik perusahaan-perusahaan besar yang tergabung dalam CT Corps. Jangan patah semangat ya, senyum dong.

3. Adaptasi
Karena sudah terlanjur masuk ‘ kolam ‘ ya udah, sekalian ‘ nyemplung ‘ aja.
mungkin pada awalnya kita akan merasa kesulitan beradaptasi dan seakan-akan ingin menyerah saja , tapi kalian harus tau mih, karena pada akhirnya lambat laun kita pasti akan bisa beradaptasi dan bisa untuk berenang untuk bisa survive dari kondisi ini.
Kita ambil kesimpulan nih, ketika kita merasa salah pilih jurusan dan jurusan itu sangat tidak mencerminkan jati diri kita seutuhnya , yang harus kita lakukan hanyalah perlunya kesabaran untuk beradaptasi dan mulai perlahan lahan untuk mengkikuti kemana ” arus ” ini akan membawa kita dan jangan lupa untuk tetap bersyukur dan mengingat Tuhan YME serta doa restu kedua orangtua.

4. Bergabung dengan komunitas / Organisasi.
Untuk menyalurkan bakat terpendam kamu yang tidak bisa kamu aplikasikan saat kuliah, kamu bisa kok bergabung dengan komunitas atau organisasi.
Misal nih kamu jurusan Manajemen, namun minatmu berada pada Seni. Kamu bergabung dengan komunitas komunitas seni yang berada di dalam atau luar kampus. kemudian ilmu manajemennya bisa terpakai apabila nantinya saat kamu memiliki usaha milik sendiri. Jadi dapet double ilmu dan keuntungan, kan?

Memang nggak mudah jadi mahasiswa salah jurusan. Tapi, bukan berarti kamu harus putus asa. Pintu karirmu masih lebar terbuka, kok!

Yang pasti, salah jurusan bukan alasan kamu bisa malas-malasan. Yang terasa “salah” cukup jurusanmu saja. Jangan hidup dan masa depanmu juga 🙂
(sbhr)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yudisium Sarjana Fakultas Pertanian Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari

Maling Helm Kembali Meresahkan Mahasiswa