in

Lat-Pan XXII Menjadi Ajang Menyalurkan Rasa Cinta Terhadap Alam

Foto: Doc Mapala Uniska

Lentera Uniska – Unit Kegiatan Mahasiswa pecinta alam Universitas Islam Kalimantan (UKM MAPALA UNISKA) Muhammad Arsyad Al – Banjari (MAB) tidak kehabisan ide untuk menyalurkan rasa cinta mereka terhadap alam.

Kali ini mereka melaksanakan Latihan pemantapan (LAT-PAN) XXII dengan tema “LINTAS ALAM GUNUNG KAHUNG” yang diselenggarakan pada tanggal 7 s/d 11 maret 2018 bertempat di Desa Belangian, diikuti dua orang perempuan dan tiga orang laki-laki yang merupakan anggota muda dari UKM Mapala Uniska. Dengan menempuh jalur rute Camp pertama kampung belangian camp, kedua simpang 3 Muara kahung menuju air terjun kahung, camp ketiga silter kembar camp dan yang keempat sungai besar.

LAT-PAN XXII ini adalah kegiatan wajib dan syarat untuk menjadi anggota penuh UKM Mapala Uniska. Menurut Riyan Ependy selaku ketua pelaksana Desa Belangian dipilih dikarenakan alamnya yang bagus, jarak yang tidak jauh dan dihuni oleh penduduk “di pilihnya desa Belangian ini merupakan tempat yang pas untuk di adakannya acara tersebut karena jarak tempuh yang dekat dan disana terdapat pedesaan dan juga kebun para warga dan air terjun sehingga terkesan beda dari acara sebelumnya”, ujarnya.

Disana para peserta LAT-PAN melakukan bakti sosial, berinteraksi dengan masyarakat dan melalukan beberapa pendataan, “disana mereka melakukan bakti sosial seperti membersihkan mushola dan lingkungan sekitar warga desa selain itu mereka juga melakukan penelitian dan pendataan tentang flora dan fauna sosial budaya”, ujarnya lagi.

Wafa yang merupakan mahasiswi fakulatas ekonomi semester dua dan salah satu peserta dari kegiatan ini mengatakan bahwa melalui LAT-PAN ini bisa menyalurkan rasa cinta mereka terhadap alam dan bentuk kontribusi mereka untuk warga desa tersebut “disana kami dapat berinteraksi langsung dengan warga dan juga acara tersebut menambah rasa kecintaan kami terhadap alam serta disana kami juga mengetahui kekurangan fasilitas, yang mungkin suatu saat nanti kami bisa membantu,” ujarnya.

Selaku ketua umum UKM Mapala Uniska Syaid Wahid berharap anggotanya yang mengikuti kegiatan ini mendapatkan pengalaman dan pembelajaran “dengan di adakannya acara tersebut semoga dapat diambil hikmahnya dan bisa diterapkan di kemudian hari,” tuturnya.
(Rmn/mrs)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Memunculkan nama Sungai Tuan melalui Focuss Group Discusions

Kurang Informasi, Perkuliahan Mahasiswa Dihari Pertama Kurang Efektif